Kerajinan Dan Wirausaha Dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda


A. Karakteristik Wirausaha
     Karakteristik adalah suatu yang berhubungan dengan watak, perilaku, tabiat, sikap seseorang terhadap perjuangan hidup untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Wirausaha merupakan seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan  kegiatan usahanya atau bisnisnya.
     Ciri-ciri atau karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha sebagai berikut :
1. Memiliki rasa percaya diri
2. Berorientasi pada tugas dan hasil
3. Berani mengambil resiko
4. Memiliki jiwa kepemimpinan
5. Keorisinilan
6. Berorientasi ke masa depan
7. Jujur dan tekun

B.  Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda 
     1. Definisi Kerajinan
     Kerajinan atau handicraft,  dapat dipahami sebagai produk yang menuntut keterampilan tangan.
     2. Jenis-jenis Kerajinan
     a. Kerajinan Batik
     b. Kerajinan Ukir
     c. Kerajinan Anyaman
     d. Kerajinan Topeng
     e. Kerajinan Tenun
     f. Kerajinan Wayang
 

C. Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda
     Perencanaan usaha yaitu sebagai proses penentuan visi,  misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program, dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atu bisnis tertentu.
     Perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran.

D. Perhitungan Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi) Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda
     Terdapat dua pendekatan dalam penentuan biaya produksi,  sebagai berikut ;
1. Full Costing
    Metode full costing merupakan metode penentuan biaya produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam biaya produksi,  yang terdiri dari biaya bahan mentah, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang bersifat tetap maupun variabel.
2. Variable Costing
     Metode variable costing merupakan metode penentuan biaya produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berprilaku variabel ke dalam biaya produksi,  yang terdiri dari biaya bahan mentah, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik variabel.

E. Cara Menentukan Pemasaran Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda Secara Langsung
     Berikut adalah beberapa hari yang harus diperhatikan dalam menentukan pemasaran produk.,  yaitu :
1. Konsumen
     Agar pemasaran dapat lebih efektif makan wirausaha harus melakukan segmentasi pasar terhadap produk yang sama untuk konsumen.
2. Lingkungan
     Lingkungan juga bisa menjadi alasan mengapa segmentasi pasar itu diperlukan.
3. Usia 
     Usia menjadi salah satu tujuan  pemasaran untuk produk.

F. Proses Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda
1. Evaluasi Kemajuan
     Proses yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan merupakan pengertian dari evaluasi kemajuan
2. Monitoring dan Evaluasi Usaha
a. Posisi keseluruhan usaha
b. Apakah ada kemajuan atau kemunduran usaha
c. Melakukan langkah-langkah perbaikan atau pengembangan
d. Memikirkan target usaha selanjutnya
3. Hal-hal yang perlu dievaluasi
a. Mengevaluasi kondisi keuangan
b. Mengevaluasi kondisi pasar
c. Mengevaluasi kebutuhan pasar
d. Mengevakebutuhamajuan usaha dengan meninjau secara berkala (minimal 6 bulan).
e. Mengevaluasi tahapan pertumbuhan dan pengembangan usaha
f. Mengevaluasi kepemimpinan diri sendiri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat-Sifat Logaritma

Hakikat Seni Rupa

Kosa Kata Bahasa Dayak